Thursday, January 10, 2019

Komputer dan Jaringan Dasar 1.4



A. Pengertian Jaringan

Related image

Pengertian Jaringan secara umum adalah sekumpulan elemen yang saling berhubungan melakukan suatu fungsi khusus untuk mencapai tujuan bersama.

Jaringan dalam teknologi informasi
adalah media penghubung antara komputer satu dengan yang lain.


B. Perbedaan jaringan dengan komputer

Jaringan Komputer

Related image

Jaringan adalah sebuah jaringan yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat lainnya yang saling terhubung untuk digunakan secara bersama-sama dalam cakupan area yang sempit. Biasanya perangkat yang saling terhubung adalah Komputer, Printer, Laptop, Mesin Foto Copy Dan Lain Sebagainya.

Cakupan atau Luasnya pemakaian jaringan komputer biasanya relatif kecil karena jaringan komputer dihubungkan melalui kabel-kabel jaringan LAN ataupun wireless. Jadi, pemakaiannya menjadi terbatas dan hanya bisa digunakan ditempat-tempat yang dikhususkan saja. Misalkan Kantor, Kampus Dan Sekolahan.


Contohnya:

1. Misalkan ada satu buah printer, lalu printer itu sudah terhubung dengan berbagai komputer yang ada melalui jaringan komputer. Jadi, satu printer bisa digunakan secara bersama-sama yang tentunya harus sudah saling terhubung terlebih dahulu.


2. Wi-Fi, bisa dikatakan jaringan internet dan juga jaringan komputer. Karena Wi-Fi hanya bisa digunakan di tempat tertentu saja karena jangkauannya yang tidak terlalu luas.


3. Komputer satu dengan komputer lainnya bisa mengirim dan menerima data yang telah terhubung dengan jaringan.


Jadi sederhananya, Jaringan komputer merupakan jaringan dengan luas cakupan yang kecil dengan tujuan untuk media komunikasi, sharing data, dan keperluan pribadi lainnya.

Internet

Image result for internet

 Internet adalah jaringan yang digunakan untuk menghubungkan seluruh orang yang ada di dunia yang saling terhubung melalui jalur koneksi yang sama maupun yang berbeda.


Dengan adanya internet kita bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan berbagai perangkat dan banyak orang sekaligus secara cepat. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan segala sesuatu yang sedang kita butuhkan di internet. Seperti informasi pelajaran, pendidikan, informasi, dan lain sebagainya. Penggunaan internet mencakupi area yang luas atau seluruh dunia.


Contohnya:

1. Menggunakan sosial media, seperti facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya untuk bisa berkomunikasi dengan manusia lainnya.


2. Chatting, mengobrol melalui email, mengobrol melalui aplikasi, video call dan lain sebagainya.


3. Jaringan internet menggunakan sebuah media untuk bisa terhubung. Jika pada jaringan komputer media yang digunakan adalah kabel jaringan LAN dan Wireless, sedangkan jaringan internet menggunakan berbagai macam perangkat untuk bisa terhubung ke internet. Seperti harus memiliki layanan provider, Router, Kouta Data dan lain sebagainya.


C. Hal yang ada dalam membangun sebuah jaringan.

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat subuah jaringan komputer yang baik :

1. FAULT TOLERANCE

Image result for fault tolerance

Fault tolerance atau toleransi kesalahan adalah sebuah pemahaman dimana didalam membangun sebuah jaringan kita harus meminimalisir terjadinya sebuah gangguan dan memastikan seluruh infrastruktur yang dibangun dapat terus berjalan dengan baik dan sempurna. Fault tolerance dilakukan dengan melakukan redundancy terhadap jaringan yang akan kita bangun. Redudansi dapat dilakukan dengan cara menduplikasi jalur yang digunakan untuk mentransmisikan informasi baik secara physical maupun logical.
Fault tolerance juga berkaitan dengan failover cluster dan load balancing. Secara sederhana, failover cluster merupakan kumpulan dari device (misalnya server) yang saling terhubung dimana apabila ada satu jaringan yang sedang rusak atau ada masalah diharapkan jaringan yang lainnya bisa menggantikan posisi yang rusak tersebut sehingga jaringan masih bisa terus bekerja tanpa adanya sebuah kendala atau gangguan.

2. SCALABILITY

Image result for SCALABILITY

Scalability adalah bagaimana menjaga perfoma dari jaringan komputer agar tidak berkurang ketika akan melakukan ekspansi jaringan (penambahan user dan network). Hal ini yang sering dialami oleh service provider dimana walaupun pengguna ISP bertambah banyak, ISP harus tetap dapat menjaga performa dari jaringan yang dibangun.

3. QUALITY OF SERVICE

Image result for QUALITY OF SERVICE

Quality of Service adalah bagaimana cara kita bisa membagi-bagi jatah resource sesuai dengan kriteria yang ditentukan dalam suatu organisasi, misalnya pada sebuah organisasi berdasarkan posisi jabatan atau departemen.
Diasumsikan suatu perusahaan memiliki 3 layanan yang convergence, yaitu voice, financial transaction, dan web page. Ketika ketiga layanan ini digunakan secara bersama-sama dengan user yang sangat sedikit atau saling bergantian, maka performa dari jaringan akan seperti biasa, bahkan mungkin lebih cepat ketika kita sendirian yang menggunakannya.
Jika tidak menerapkan QoS, maka mungkin tidak jelas layanan mana yang akan terkena imbasnya. Namun, dengan menerapkan QoS berarti kita menerapkan prioritas.

4. SECURITY

Related image

Keamanan dari jaringan yang akan kita buat harus selalu menjadi perhatian yang dibilang cukup penting. Dalam membuat jaringan komputer intinya adalah bagaimana membuat jaringan komputer yang kita bangun itu aman, baik dari internal maupun eksternal.

D. Keuntungan dan Kerugian Jaringan 

Manfaat jaringan Komputer


Manfaat / keuntungan utama yang dapat kita rasakan dari terbentuknya jaringan komputer adalah

  • Dapat berbagi sumber daya.
  • Ketahanan data tinggi.
  • Menghemat biaya.
  • Berbagi hardware.
  • Memberikan keamanan dan keteraturan data.
  • Manajemen sumber daya lebih efisien.
  • Mempertahankan informasi agar tetap handal dan up-to-date.
  • Membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
  • Memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
  • Membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif

Berikut beberapa kerugian dari implementasi jaringan :

  • Biaya yang tinggi kemudian semakin tinggi lagi. pembangunan jaringan meliputi berbagai aspek: pembelian hardware, software, biaya untuk konsultasi perencanaan jaringan, kemudian biaya untuk jasa pembangunan jaringan itu sendiri. Infestasi yang tinggi ini tentunya untuk perusahaan yang besar dengan kebutuhan akan jaringan yang tinggi. Sedangkan untuk pengguna rumahan biaya ini relatif kecil dan dapat ditekan. Tetapi dari awal juga network harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak ada biaya overhead yang semakin membengkak karena misi untuk pemenuhan kebutuhan akan jaringan komputer ini
  • Sharing file yang tidak diinginkan : With the good comes the bad, ini selalu merupakan hal yang umum berlaku (ambigu), kemudahan sharing file dalam jaringan yang ditujukan untuk dipakai oleh orangorang tertentu, seringkali mengakibatkan bocornya sharing folder dan dapat dibaca pula oleh orang lain yang tidak berhak. Hal ini akan selalu terjadi apabila tidak diatur oleh administrator jaringan.
  • Aplikasi virus dan metode hacking : hal-hal ini selalu menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang, mengakibatkan network down dan berhentinya pekerjaan. Permasalahan ini bersifat klasik karena system yang direncanakan secara tidak baik. Masalah ini akan dijelaskan lebih lanjut dalam bab keamanan jaringan.
E. Operator

Related image

Operator adalah jenis pekerjaan fungsional di dalam suatu industri. Tugas utama adalah menjalankan suatu operasi.

0 comments:

Post a Comment