Sunday, January 13, 2019

Pemrograman Dasar 1.7


A. Jenis Bahasa Pemrograman 



1. Low level language      
  
Yaitu bahasa pemrograman tingkat rendah, merupakan bahasa pemrograman generasi pertama. Bahasa pemrogramana generasi pertama ini merupakan bahasa pemrograman yang sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin, dan hanya dimengerti oleh pembuatnya saja karena programnya berupa kode kode mesin. Bahasa pemrograman level rendah  ini pertama kali muncul atau digunakan mulai sekitar tahun 1945. Ketika itu untuk membuat dan menjalankan suatu program dibutuhkan waktu yang lama dan itu pun sering dijumpai kesalahan-kesalahan. Program sangat sulit dibaca dan dibaca, sehingga pada saat itu sangat sedikit orang yang tertarik untuk menjadi programmer.
  • Low Level Language : contohnya adalah bahasa Assembly. dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.



2. Midle level languanger

Yaitu bahasa pemrograman tingkat menengah, yang merupakan bahasa pemrograman generasi ke dua. Dalam bahasa ini seorang programmer sudah mulai bisa menggunakan bahasa sehari-hari, walaupun masih banyak susah dimengerti juga. Banyak perintah-perintah yang menggunakan inisial atau singkatan-singkatan seperti “MOV” yang berarti  “MOVE” (pindah), “STO” yang berarti (STORE) dan lain-lain. Bahasa pemrograman yang tergolong dalam midle level ini adalah assembler.
  • Middle Level Language : contohnya adalah Bahasa C.

3. High level Language

        Yaitu bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang merupakan bahasa pemrograman generasi ke tiga dan selanjutnya. Ciri-cirinya yaitu bahasa pemrograman ini sudah terstruktur dengan baik, mudah dimengerti karena sudah menggunakan bahasa sehari-hari(–bahasa inggris tapi ya–), Bahasa pemrograman inilah bahasa pemrograman yang sekarang ini kita kenal, seperti C, C++, JAVA, PHP, Visual Basic, Pascal, ORACLE, MS-SQL, Phyton, XML dan lain-lain sebagainya. Sudah begitu beragam dan bermacam-macam jenis sesuai karakter struktur dan kegunaannya.
Jadi, semakin tinggi tingkat bahasa pemrograman maka akan semakin mudah untuk dipelajari, karena bahasanya yang manusiawi/mudah dimengerti. sebaliknya, semakin rendah tingkatan bahasa pemrograman, maka akan semakin sulit untuk dipelajari, karena bahasanya yang mendekati cara mesin bekerja (bahasa mesin)
  • High Level Language  : contohnya Basic, PHP<, Pascal dan Java.
B. Definisi Array



Array adalah kumpulan dari nilai-nilai data bertipe sama dalam urutan tertentu yang menggunakan sebuah nama yang sama.
Nilai-nilai data di suatu larik disebut dengan elemen-elemen larik.
Letak urutan dari suatu elemen larik ditunjukkan oleh suatu subscript atau suatu index.

C. Proses Penyimpanan penggunaan array pada memori

Sebagai contoh kita mempunyai 5 buah data dengan nilai 1, 2, 3, 4, dan 5 dengan tipe data integer (int). Kita bisa saja mendeklarasikan tiap datanya dalam 1 variabel, misalnya :
int A = 1;
int B =2;
int C = 3;
int D = 4;
int E=5;
Tapi deklarasi tersebut diatas menjadi tidak efektif karena terlalu banyak variabel yang digunakan. Kita dapat memanfaatkan array dalam hal ini. Kita dapat menggunakan 1 buah variabel, misalnya memasukkan semua data kedalam variabel A dengan struktur array seperti berikut.
int A[5] = {1, 2, 3, 4, 5};
Perlu diperhatikan bahwa pada bahasa C++, indeks array selalu dimulai dari 0 bukan 1.  Dalam Mendeklarasikan sebuah array, kita harus menggunakan tanda [ ] (bracket). Untuk menghitung Besarnya memory yang dibutuhkan untuk variabel A arrray diatas adalah 5 x 2 bytes ( 2 bytes merupakan ukuran untuk 1 buah data dalam bentuk integer). Jika kita ingin memanggil sebuah data pada array, misalnya kita ingin memanggil elemen ke-2, maka kita dapat memanggilnya dengan menuliskan sintaks seperti berikut :
 X = A[1]; 
Bentuk umun dari pendeklarasian sebuah array adalah sebagai berikut.
tipe_data nama_array[jumlah data];
Contoh kode program untuk menampilkan array :

#include <iostream> // header
#include <conio.h>
using namespace std;
int main()
{
// Mendeklarasikan nilai-nilai ke dalam variabel A
int A[5] = {1, 2, 3, 4, 5};
// Menampilkannya nilai yang terdapat pada elemen-elemen array
for (int i=0; i<5; i++)
{
cout<<“Nilai data pada elemen ke-“<<i ;
cout<<” = ” <<A[i]<<endl;
}
getch();
}
Jika kita jalankan kode diatas menggunakan sebuah aplikasi compiler misalkan DEV-C++, maka akan tampil pada command windows seperti tampilan berikut :
Contoh array

D. Aplikasi yang digunakan untuk membuat program

1. Java

Image result for java

Java adalah bahasa program komputer yang dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC hingga smartphone dan perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh The Green Project miliknya Sun Microsystem pada tahun 1991 silam. Dan hingga kini, Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler di dunia, dan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan.Kepopuleran Java sebagai salah satu bahasa pemrograman tebaik bukan muncul tanpa alasan, melainkan karena kelebihan Java itu sendiri, misalnya seperti bisa berjalan di berbagai platform, lebih mudah dimengerti, dan mempunyai library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan para programer ketika mengoperasikannya.Nama Java sendiri dipilih karena salah satu pencetus Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling kopi, dimana kopi tersebut berasal dari pulau Jawa, Indonesia. Dan pulau Jawa (Java) yang akhirnya menjadi nama dari salah satu bahasa pemrograman terbaik dan terpopuler di dunia.

2. C
Related image

Perlu diketahui bahwa bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman tertua yang ada di dunia. Bahasa pemrograman ini dikembangkan sekitar tahun 70an oleh Dennis Ritchie. Selain itu, bahasa C sendiri rasanya pantas jikalau kita sebut sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik yang ada di dunia, termasuk di Indonesia. Pasalnya, di tanah air sendiri, bahasa C dipelajarkan—pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman lain—di perguruan tinggi Indonesia jurusan IT, maupun lembaga kursus pemrograman.Adapun alasan bahasa C dipelajari pertama kali, yakni karena bahasa pemrograman yang satu ini adalah induk dari bahasa pemrograman lain, misalnya: Java, C#, C++, dll. Maka dari itu, tidak heran jikalau bahasa pemrograman yang satu ini begitu populer di dunia.

3. PHP

Image result for php

Bahasa program yang satu ini biasanya digunakan untuk membuat profesional website. Bahkan website sekelas Facebook, WordPress, maupun Digg—kabarnya menggunakan PHP dalam pengembangannya. Selain karena dapat membuat website menjadi dinamis, PHP juga dapat digunakan secara gratis, sehingga hal itulah yang membuat bahasa program komputer yang satu ini banyak digunakan oleh developer di dunia. Dan perlu diketahui bahwa PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf.

4. Visual Basic

Image result for visual basic logo

Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Microsoft, yang menawarkan IDE visual dalam pembuatan software, khususnya untuk membuat software-software berbasis Windows.  Hebatnya, Visual Basic ternyata digunakan oleh hampir semua developer software yang ada di dunia.

5. Python
Image result for python logo
Secara tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk bahasa tingkat tinggi, yang artinya mudah untuk dipahami manusia. Dan Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web maupun berbasis mobile.Bahasa pemrograman yang satu ini cukup mudah dipahami bagi pemula, dan hal itu merupakan salah satu kelebihannya. Tidak hanya itu saja, meskipun mudah dipahami, ternyata Python banyak digunakan oleh perusahaan besar di dunia, seperti Instagram, Pinterest, dan Rdio. Bahkan, Python juga digunakan oleh pengembang Google, Yahoo!, serta website NASA.

6. C++

Image result for c++ logo

C++ merupakan bahasa pemrograman hasil pengembangan dari bahasa C, sehingga C++ maupun bahasa C memiliki syntaks penulisan yang hampir sama. Namun meskipun demikian, kedua bahasa pemrograman ini ternyata memiliki perbedaan dalam hal penyelesaian masalahnya.Terlepas dari itu, C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman terbaik dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan software besar, seperti Adobe, Firefox, dan lain sebagainya.

7. JavaScript
Image result for JavaScript
Netscape mengembangkan bahasa pemrograman yang akhirnya diberi nama dengan JavaScript. Selain bahasa PHP, JavaScript juga ternyata banyak digunakan untuk membuat website. Dan hampir semua website rasanya telah menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini. Hal itu juga menjadikan JavaScript sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik di dunia.

8. C#

Image result for c# logo

Selain Visual Basic, Microsoft juga telah berhasil mengembangkan bahasa pemrograman C#, yang didasari dari prinsip bahasa C dan C++. Secara tidak langsung, hal itu mengatakan bahwa bahasa C# merupakan penyempurnaan dari dua bahasa pemrograman yang telah ada. Dan secara kegunaan, C# banyak digunakan untuk membuat maupun mengembangkan software yang berbasis Windows.

9. Objective-C
Image result for objective-c logo
Lain halnya dengan Windows, bahasa pemrograman yang satu ini banyak digunakan pada perangkat Apple, khususnya mengembangkan aplikasi-aplikasinya. Dan tidak hanya aplikasinya saja, Objective-C ternyata juga telah digunakan untuk mengembangakan sistem operasi iOS.

10. ActionScript

Image result for ActionScript logo
Yang terakhir adalah ActionScript, merupakan bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript dan pada awalnya dikembangkan oleh Macromedia, namun sekarang bahasa pemrograman yang satu ini lanjut dikembangkan oleh Adobe, hal itu dikarenakan perusahaan Adobe telah membeli Macromedia pada tahun 2005 silam.

E. Definisi Coding
Coding adalah menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemrograman baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk program.

0 comments:

Post a Comment