Friday, July 19, 2019

Animasi 1.2


   
Animasi
Film animasi, atau biasa disingkat animasi saja, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.


Sejarah Animasi
Sejarah singkat perkembangan animasi dunia dimulai sekitar 30.000 tahun yang lalu, manusia saat itu sudah mempunyai usaha untuk membuat gambar yang mencerminkan suatu proses gerak. Pada lukisan di dinding gua Altamira di Spanyol memperlihatkan gambar binatang sedang berlari
Kesan gerak didapat dengan menumpukkan gambar kaki binatang tersebut sehingga jumlah kaki terlihat 6-8 kaki. Salah satu dari (karya) tertua tentang pelukisan gambar gerakan ditemukan pada masa 1600 SM di Yunani. Misal pada dekorasi Partenon berbentuk relief yang melukiskan rangkaian/rentetan penari yang tampak bergerak dengan pertambahan kecepatan dan perubahan posisi.
Pada tahun 1671, Athanasius Kircher membuat suatu gebrakan dengan menciptakan sebuah alat yang merupakan cikal bakal dari kamera proyektor. Alat ini dia sebut sebagai “Magic Lantern” Seorang berkebangsaan Belanda, Pieter Van Musschenbroek pada tahun 1736 disebut sebagai orang pertama yang membuat gambar animasi. Animasi yang dibuat oleh Pieter saat itu adalah kincir angin yang bergerak.
Tahun 1824, Peter Roget memperkenalkan “The Persistence of Vision”, sebuah alat untuk menggerakkan gambar. Pada tahun yang sama ditemukan sebuah alat bernama “Thaumatrope” yang oleh sebagian pakar sejarah  animasi disebut sebagai rancangan John Aryton Paris. Akan tetapi oleh sebagian ahli yang lain alat tersebut ditemukan oleh Charles Babbage. Tahun 1832, sebuah alat yang dinamakan Phenakistoscope dikenalkan oleh Dr. Simon Ritter. Alat ini juga berfungsi membuat ilusi gambar yang diputar.



Phenakistoscope
Pada tahun 1834, george Horner menemukan alat yang dinamakan “Zoetrope”. Alat ini berbentuk silinder  yang dikelilingi oleh gambar sekuensial berurutan. Sehingga apabila diputar, kita akan melihat suatu ilusi gerak.
Pada tahun 1868, John barnes Linnet telah mematenkan sebuah media untuk membuat ilusi gerakan gambar  yang disebut “Flip Book”. Alat ini sampai saat ini masih sering dipraktekkan oleh seniman animasi sebagai langkah awal untuk belajar animasi sebelum masuk pada langkah animasi komputer. Hasil dari  Flip Book berupa gambar pada lembaran-lembaran kertas bila di gerakan akan menghasilkan animasi.
Tahun 1872, Eadweard Muybridge memulai bereksperimen dengan kumpulan foto binatang yang berurutan gerakannya Pada tahun 1877, sebuah alat yang dinamakan Praxinoscope dikenalkan oleh Emile raynaud. Alat ini  merupakan perkembangan dari “Zoetrope” yang lebih disempurnakan. Dengan sebuah cermin, ilusi gerakan dari rentetan gambar akan bisa dilihat. Kemudian oleh Renaud, alat ini dikembangkan lagi menjadi sebuah  alat yang dia sebut sebagai “Theatre Optique”.





Pada tahun 1889, sebuah alat yang dinamakan Kinetoscope ditemukan oleh Thomas Edison dengan menyusun 50-an frame film yang diputar selama 13 detik. Sejarah pertunjukan film animasi dimulai pada tanggal 28 Oktober 1892 saat Emile Reynaud memutar film bisunya yang terdiri dari 500 frame gambar dengan menggunakan Theatre Optique di Museum Grevin Paris  Prancis. Adapun pembuatan produksi animasi standar dimulai pada tahun 1906 oleh tokoh aimasi yang bernama J. Stuart Blackton. Dia memperkenalkan teknik merekam gambar-gambar dari kapur tulis yang berjudul “Humorous Phases of Funny Faces”. Pada tanggal 17 Agustus 1908, Emile Cohl pertama kali mempertunjukkan filmnya didepan pemuka-pemuka kerajaan Prancis tepatnya di Theatre Du Gymnase di Paris Perancis. Kemudian Emile Cortet (sebutan lain  emile cohl) pergi ke Fort Lee, New Jersey dekat kota New York untuk bekerja di studio Eclair dan dia  dapat mengembangkan berbagai teknik animasi di kota itu, termasuk pada tahun 1910 dia mengembangkan Cut Out animation yang sedikit memudahkan para animator dalam berkarya.
Pada tahun 1928, Disney membuat animasi bersuara pertama dengan judul Steamboat Willie yang menandakan berakhirnya era animasi bisu. Kemudian Disney menambahkan warna pada animasi selanjutnya yaitu Flowers and Trees pada tahun 1932. Pada tahun 1949, Jay Ward dan Alexander Anderson Jr. membuat animasi televisi pertama yang berjudul Crusader Rabbit.



 Pelopor Studio Animasi terkenal


1. Pixar Animation Studio

Image result for Pixar Animation Studio

Steve Jobs adalah salah satu orang yang menemukan Pixar, sebelum dibeli oleh Walt Disney Company di 2006 seharga lebih dari 7 milyar dollar. Sudah tiga dekade Pixar menghasilkan film-film yang tidak hanya dapat dinikmati oleh usia anak-anak, namun juga masuk ke usia orang tua, dan segala jenis usia.

Image result for steve jobs
Beberapa koleksi film Pixar, diantaranya
  • Toy Story
  • The Incredibles
  • WALL-E
  • Finding Dory
  • Cars 3
2. Walt Disney Animation Studio

Image result for walt disney logo

Studio film terkenal yang terakhir adalah Walt DisneyWalt Disney Pictures didirikan oleh dua orang kakak beradik bernama Walt Disney dan Roy Oliver Disney. Pada tahun 1932 disebuah tempat produksi kecil di Los Angeles, mereka berdua membuat film animasi di studio yang sangat kecil. Sejak munculnya karakter Mickey Mouse, nama Disney semakin melesat. Mungkin kamu udah gak asing sama bangunan megah yang menjadi latar gambar pada logo Disney. 

Ternyata logo kastil ini merupakan tiruan dari salah satu kastil di film garapan Disney sendiri yaitu, Sleeping Beauty. Barulah pada tahun 2006, logo Disney menggunakan gambar kastil 3D sebagai logonya. Tentunya kamu udah gak asing banget kan sama beberapa film terkenal Disney, di antaranya film Toy Story, Up, Beauty and The Beast, hingga Pirates of the Caribbean.

Image result for walt disney

Sebenarnya Disney lebih dari sekedar animasi, Disney adalah payung dari segala jenis imajinasi dan petualangan yang diterapkan dalam segala jenis entertainment. Mickey Mouse adalah tokoh buatan Disney yang mengawali karier Disney di dunia animasi.
Beberapa koleksi film Disney, diantaranya
  • Lion King
  • Frozen
  • Zootopia
  • Lilo & Stich
  • Chicken Little
3. Dreamworks Animation
DreamWorks Animation SKG logo with fishing boy.svg
DreamWorks Pictures didirikan pada tahun 1994 oleh tiga pakar media yaitu David Geffen, Jeffrey Katzenberg, dan Steven Spielberg. Huruf SKG yang terletak di bawah tulisan DreamWorks ini merupakan inisial masing-masing pendiri DreamWorks (Spielberg, Ketzenberg, Geffen). Logo DreamWorks yang menggambarkan anak yang sedang memancing di atas bulan ini tenyata memiliki kisah dibalik pembuatannya.

Image result for David Geffen, Jeffrey Katzenberg, dan Steven Spielberg.

Awalnya pembuatan logo DreamWorks ini menggunakan komputer, namun karena hasilnya kurang memuaskan, Spielberg meminta Robert Hunt sang pembuat logo, untuk membuat logonya menggunakan tangan. Gambar anak yang sedang memancing di atas bulan tersebut adalah William Hunt yang merupakan anak dari sang pembuat logo, Robert Hunt. Dreamworks juga merupakan pemain yang tidak terlupakan, sudah meraih lebih dari 20 penghargaan Emmys, penghargaan Annie, masuk dalam berbagai nominasi. Dreamworks yang awalnya bernama Pacific Data Images pada tahun 1980 menjadi penantang serius bagi dominasi Pixar dan Walt Disney. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa judul film yang dibuat Dreamworks untuk menandingi Disney, diantaranya

  • Shrek
  • Shark Tail
  • Madagascar
  • Antz
  • KungFu Panda
  • Boss baby
  • jack frost
4. Warner Bros

Image result for warner bros

Warner Bros yang memiliki logo WB ini menjadi studio film ketiga tertua di Amerika Serikat. Warner Brosdidirikan pada tahun 1918, oleh 4 orang Yahudi bersaudara, Albert Warner, Harry Warner, Sam Warner, dan Jack Warner. Mungkin sewaktu kecil dulu kamu sering melihat logo Warner Bros di film kartun Looney Tunes. 

Image result for Albert Warner, Harry Warner, Sam Warner, dan Jack Warner.


Warner Bros sendiri sudah mengganti logonya sebanyak 13 kali sejak 1923. Di setiap filmnya pun Warner Bros sering bergonta-ganti tema logonya, sesuai dengan filmnya itu sendiri. Saat awal mula berdiri, Warner Bros sedikit kesulitan untuk mendatangkan para artis terkenal untuk bermain di filmnya. Namun, pihak Time Warner mencari akal dengan membuat animasi yang menjadi batu loncatan hingga akhirnya Warner Bros menjadi salah satu studio film terbesar di dunia. Beberapa film terkenal yang pernah diproduksi oleh Warner Bros antara lain, Man of Steel, The Dark Knight, Harry Potter, Inception, dan masih banyak lagi.


Bermula di 70an, Warner Bros membantu Amerika untuk tumbuh ke era Golden Era. Warner Bros berkompetisi langsung dengan Disney melalui Looney Tunes dan karakter-karaketer terkenal lainnya dari Warner Bros. Meski banyak berkutat di televise, namun Warner Bros juga banyak memproduksi film animasi.
Beberapa koleksi film Warner Bros, diantaranya
  • The Lego Movie
  • Space Jam
  • Storks
5. Metro Goldwyn Mayer (MGM)

Related image



Studio film berikutnya memiliki logo singa yang sedang mengaung. Mungkin logo ini sudah gak asing buat kamu yang suka nonton film kartun Tom & Jerry. Karena kartun Tom & Jerry pernah diproduksi oleh MGM sebelum akhirnya dibeli Warner Bross. Metro Goldwyn Mayer didirkan pada tahun 1924 oleh Marcus Loew. Untuk membuat logo singa ini, pihak MGM terhitung sudah 7 kali mengganti singa pada logonya. 

Image result for Marcus Loew
Di antara 7 singa yang pernah muncul sebagai logo MGM, singa bernama Leo lah yang digunakan sebagai logo MGM sekarang. Walaupun sempat beredar jika pihak MGM menyiksa para singa-singa tersebut agar bisa mengaung, namun berita tersebut tidaklah benar. Hingga tahun 2004, MGM telah memperkejakan 1.400 karyawan. Film-film terkenal yang berada di bawah naungan MGM antara lain, The Hobbit, The Pink Panther, Robocop dan lain-lain.



 6. Universal pictures

Image result for universal pictures

Universal Pictures adalah perusahaan film Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1912 oleh Carl Laemmle. Perusahaan ini berlokasi di San Fernando Valley, Los Angeles, California, AS, dan memproduksi beberapa film unggulan. Beberapa film diproduksi oleh sutradara Steven Spielberg dengan asisten Melinda Gates. Saat ini, Universal Studios merupakan bagian dari Comcast

Image result for Carl Laemmle.

Film kartun : despicable me


0 comments:

Post a Comment