Thursday, September 27, 2018

Sistem Komputer 1.2


Flip-flop
6.3













Flip-flop adalah suatu rangkaian elektronika yang memiliki dua kondisi stabil dan dapat digunakan untuk menyimpan informasi. Flip Flop merupakan pengaplikasian gerbang logika yang bersifat Multivibrator Bistabil. Dikatakan Multibrator Bistabil karena kedua tingkat tegangan keluaran pada Multivibrator tersebut adalah stabil dan hanya akan mengubah situasi tingkat tegangan keluarannya saat dipicu (trigger).  Flip-flop mempunyai dua Output (Keluaran) yang salah satu outputnya merupakan komplemen Output yang lain.


6.3 - a


Gambar tersebut menunjukkan dua keluaran yang di wakili huruf Q dan Q’ yang mana nilai Q’ selalu terbalik terhadap Q, dua sinyal masukan yang diwakili huruf X1 dan X2, dan kotak ditengah yang diberi huruf FF merupakan rangkaian flip flop. Seperti pada gambar diatas, keluaran Q bernilai 1 maka Q’ yang dihasilkan adalah 0

Jenis-jenis Flip-flop

1. T Flip-flop

Hasil gambar untuk flip flop t
T Flip-flop merupakan bentuk sederhana dari J-K Flip-flop. Kedua Input J dan K dihubungkan sehingga sering disebut juga dengan Single J-K Flip-Flop.

Flip flop T diambil dari sifatnya yang selalu berubah keadaan setiap adanya sinyal pemicu (trigger) pada masukkannya. Input T merupakan satu-satunkanya masukkan yang ada pada flip flop jenis ini sedangkan keluarannya tetap dua, umumnya. Kalau keadaan keluar flip flop 0, makasetelah adanya sinyal pemicu keadaan berikut menjadi 1 dan bila keadaannya 2, maka setelah adanya pemicuan keadaannya berubah menjadi 0. flip flop T dapat disusun dari satu flip flop RS dan dua Gerbang AND.
Hasil gambar untuk TABEL KEBENARAN T FLIP FLOP


2. J-K Flip Flop
 Hasil gambar untuk flip flop jk
J-K Flip-flop juga merupakan pengembangan dari S-R Flip-flop dan paling banyak digunakan. J-K Flip-flop memiliki 3 terminal Input J, K dan CL (Clock)

JK flip-flop sering disebut dengan JK FF induk hamba atau Master Slave JK FF karena terdiri dari dua buah flip-flop, yaitu Master FF dan Slave FF. Master Slave JK FF ini memiliki 3 buah terminal input yaitu J, K dan Clock.
Hasil gambar untuk tabel kebenaran jk flip flop

0 comments:

Post a Comment