Tuesday, July 31, 2018

Pemrogaman Dasar 1.1

Hasil gambar untuk ALGORITMA

A. Algoritma

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logisAlgoritma digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.

B. Pemrograman

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pengetahuan lain seperti matematika


C. Program

Program adalah merupakan kata, ekspresi, pernyataan yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer.


D. Perbedaan Algoritma dengan Pemrograman


Program:
Program secara pengertian adalah kumpulan pernyataan komputer. Program dibuat menggunakan bahasa program dan menggunakan cara penulisan (Syntax) program sendiri. Jadi program merupakan implementasi dari bahasa Program.
Ciri-Ciri :
  1. Hasil realisasi dari algoritma
  2. Ditulis menggunakan bahasa program
  3. Program disusun dan dieksekusi oleh komputer
  4. Implementasi dari bahasa pemrograman
Algoritma
Sementara algoritma adalah langkah-langkah logis yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Algoritma bisa digunakan didunia nyata dan ditulis dengan bahasa manusia dengan peraturan penulisan khusus. Algoritma ini juga merupakan akar dari alur jalan suatu aplikasi dan diimplementasikan ke komputer menggunakan bahasa pemrograman.
Ciri-Ciri:
  1. Algoritma adalah pemikiran dari manusia yang menjadi inti dari program yang akan dilaksanan komputer
  2. Ditulis menggunakan bahasa manusia dengan aturan khusus
  3. Dapat diterjemahkan dalam bahasa program
  4. Output yang dikeluarkan program akan sama jika algoritma sama, jadi algoritma merupakan dasar dari suatu program yang akan dibuat.
E. Contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari.

Algoritma cara membuat susu :
  1. Siapkan susu bubuk atau kental dan gelas
  2. Buka kemasan susu bubuk atau kental, lalu masukan kedalam gelas.
  3. Masukan air panas kedalam gelas
  4. Kemudian aduk sampai rata.
  5. Susu siap diminum. Jika ingin yang dingin tambahkan es batu.

0 comments:

Post a Comment